Catatan Harian Mahasiswa Indonesia (Bagian Ketiga)

Apa artinya amanah bila semua hanya berusaha mengembalikan eksistensi dan egoisme pribadi? Usia kita memang muda, wajar bila banyak gejolak membara yang sedang berusaha mengemuka. Hal ini sangat manusiawi awalnya, namun bukan berarti amanah bisa dilaksanakan tanpa profesionalitas dan kompetensi. Padahal, komitmen bersama adalah berusaha mengembalikan kejayaan peradaban bangsa. Apa artinya mimpi-mimpi kita mengubah dunia, bila tidak mampu mengubah paradigma dalam menyikapi sebuah realita.

Aku hampir tidak percaya (pada klimaks tertentu), pada satu pun anak manusia yang mengaku mahasiswa. Karena mereka hanya mampu berwacana dan meninggalkan luka bagi Indonesia. Berulangkali tercatat dalam memori ini bagaimana tindakan mereka mengembalikan klaim kejayaan. Mereka tidak bekerja dan berbuat apapun untuk melahirkan dan merealisasikan idealita yang menjadi harapan sebuah masa depan yang lebih baik dan bermartabat. Fokus dari aktivitas mereka justru cara-cara yang sama sekali tidak menggambarkan bentuk konkrit intelektualitas dan moral sebagai dasar dan arahan gerak. Akhirnya, kebuntuan demi kebuntuan hadir dan membentuk kompleksitas yang bermuara pada kerusakan, bukan perbaikan!

Sungguh memalukan…Apakah amanah memakai almamater ini masih layak melekat di tubuh? Apa kebanggaan menjadi seorang perusak yang ‘masih’ lantang mengaku agen bahkan inisiator perubahan?

2 thoughts on “Catatan Harian Mahasiswa Indonesia (Bagian Ketiga)

  1. mungkin, itu kalimat yang tidak tegas, setidaknya itu yang abang katakan kemarin di diskusi tentang jaringan di MIPA,

    salam kenal bang, kmrn abang banyak berbicara tentang peran media baik itu maya maupun cetak dan salah satunya blog, saya jadi tertarik untuk sekedar berdiskusi lewat tulisan dengan abang,

    oia, saya lupa belum memperkenalkan diri,
    saya Aziz Abdul Ngashim dari JOP (jaringan & opini publik) BEM KM F. Geografi UGM,

    biar lebih akrab saya panggil abang saja,

    mungkin jika ada waktu abang bsa mampir ke blog saya dan memberi sedikit masukan untuk tulisan saya,

    sehingga kita bisa saling bertukar pikiran,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s