Evaluasi

Menemani mahasiswa, selalu menjadi saat-saat terindah dalam hidupku. Khusus untuk para mahasiswa baru, keadaan ini benar-benar mencapai titik temu. Selain menerima energi positif dari mereka, Aku belajar banyak hal dari setiap interaksi ini, antusiasme, optimisme, ketulusan untuk belajar, dan gairah intelektual terasa begitu kuat kuterima. Jujur, saat-saat seperti mereka sangat kurindukan sekali.

Ada beberapa hal, yang ingin kusampaikan dalam catatan kali ini. Pertama, acara yang dilaksanakan untuk menyambut mahasiswa baru di UGM. Kedua, terkait dengan substansi acara. Dan ketiga, berkenaan dengan follow up terhadap para peserta.

Untuk yang pertama, secara keseluruhan, acara yang didesain oleh para panitia sudah cukup baik dan luar biasa. Namun, sayangnya, kurang diikuti dengan profesionalisme kerja yang optimal. Bagaimana mungkin acara bisa maksimal, bila peralatan plus teknis di lapangan kacau?

Kedua, pengisi acara dan materi yang dibawakan sudah cukup bagus. Hanya saja, model penyampaian masih kurang atraktif disebabkan minimalnya kejelasan desain acara di dalam TOR. Berikutnya, sambutan dan apresiasi yang diberikan kepada para pengisi acara. Sering orang-orang yang datang dari jauh, disia-siakan. Padahal keberadaan mereka dinantikan oleh semua bukan hanya mahasiswa.

Ketiga, Maba yang penuh energi positif ini, idealnya disalurkan langsung dalam berbagai aktivitas, agar kelanjutan pemahamannya tentang kampus utuh dan jelas. Bisa dalam bentuk mentorship atau supervisi kegiatan yang sifatnya rutin di luar aktivitas akademik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s