Ramadhan..Mau!

Akhir ramadhan kali ini, aku bener-bener sangat menikmati aktivitas intelektual yang luar biasa. Mulai dari membaca, diskusi, menulis, mengisi, hingga membangun jaringan untuk memperkuat usaha yang sedang dibangun. Kembali kuhaturkan rasa terima kasih kepada Pemilik Alam Semesta dan ruh hambanya. Subhanallah…

Untuk membaca, sepertinya memang kufokuskan untuk mendukung data skripsi dan materi bagi para mahasiswa baru yang terkait dengan kepemimpinan, mahasiswa berprestasi, dan gerakan mahasiswa. Selain itu, beberapa bacaan lainnya seperti Qur’an, novel, buku-buku teknologi dan bisnis kulakoni untuk mengimbangi bacaan mainstream, yakni politik.

Sedangkan diskusi, intensitas  terjadi ketika membahas dan mendesain platform sebuah partai politik. Sangat menarik, memprediksi sekaligus menganalisis masa depan dan berbagai kemungkinan  yang akan terjadi. Dengan tim yang tak terlalu banyak, tapi, berkualitas dan kerjanya efektif, dalam dua hari kami sudah menuntaskan kerangka dan substansi yang dimaksud.

Untuk menulis, sudah kuniatkan, selain menyelesaikan skripsi, akan kucoba hasilkan di akhir tahun nanti sebuah trilogi untuk mahasiswa Indonesia tercinta. Karena ada rasa sedih yang tertinggal bila ketika melepas status mahasiswa, tidak diiringi karya (masterpiece) khusus untuk mereka.

Berikutnya, mengisi. Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini, interaksiku berbicara cukup intens dengan berbagai pembicara yang memiliki latar belakang berbeda dan luar biasa. Mulai dari calon presiden, pelawak, penulis, pengusaha, aktivis, akademisi hingga PNS. Unik…dan menarik mencermati pola fikir dan logika yang dibangun oleh mereka.

Terakhir, membangun jaringan…sepertinya dunia itu kecil dan sederhana. Hanya dimiliki beberapa orang saja. Kenapa? Yaa…jawabya, karena semuanya tersimpul acak namun rapi (bingung khan…ngga apa2..hehe)…dengan jaringan. Semua dibatasi dan diatur oleh sekelompok manusia-manusia strategis yang memiliki kemampuan memahami dan berinteraksi multi dengan siapapun. Memungkinkan kita melakukannya…dan berikutnya bukan hanya siap menjadi network builder..but King Maker’s…I hope so guys…we will see …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s