KejutanNya

Kesempatan itu datang tanpa diduga. Tak pernah terfikir sebelumnya. Waktu itu, kami sedang berada di ujung timur Indonesia, tepatnya Sorong Selatan, Papua Barat. Selama kurang lebih 2 bulan (Juli-September 2009), kami menjalankan aktivitas Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam rangka meningkatkan kapasitas daerah tersebut melalui pengembangan SDM lokal.

Namun, kami mencatat, ada  beberapa kejadian menarik yang perlu diketahui. Salah satunya terkait akses informasi, yakni internet. Kami memang ditawari oleh Pemda untuk memakai salah satu fasilitas mereka. Namun, karena satu dan lain hal, akhirnya tawaran tersebut belum dapat kami optimalkan.

Yang menarik, sebulan setelah kami berada di sana, berdirilah warung internet yang tidak berjauhan dari ‘alun-alun’ ibukota kabupaten. Setelah ditelusuri, itulah satu-satunya warung internet yang baru berdiri di sana. Di saat yang bersamaan, kami langsung saja meluangkan waktu untuk membuka email yang sudah lama tak terurus. Benar saja, ada sebuah pesan, yang harusnya dijawab sebulan sebelumnya. Namun, apa dikata, memang belum rezeki, akhirnya kami hanya bisa membaca dan menghela nafas perlahan.

Pesan tersebut berisi tawaran sebagai salah satu pembicara, bersama beberapa tokoh bangsa dan ilmuwan dunia di kampus dalam rangka pra acara Wisdom World Conference. Menurutku ini kesempatan langka  untuk mengakselerasi kualitas diri.

Saat itu, kami hanya tersenyum simpul..

Allah Maha Mengetahui, apa yang terbaik bagi hambanya. Waktu berlalu…pra acara sudah lama meninggalkan. Kini saat-saat acara yang dimaksud sudah dekat. Kami tidak menyadari, bahkan sudah melupakan kejadian di tahun lalu.

Sampai tiba-tiba ada panitia yang menghubungi dan berharap kami terlibat sebagai pengganti ketidakhadiran sebelumnya. Kami bingung, karena perhelatan acara yang digelar lebih besar dibanding sebelumnya. Sehingga munculah pertanyaan itu? “Apa yang membuat kami layak terlibat?”

Bla..Bla…dan Bla..kata beliau sekaligus amanat Rektor yang memang mengharapkan kehadiran kami, katanya setengah menekankan intonasi suara. Tanpa berfikir lama, langsung saja kami menyatakan bersedia dan siap menyukseskan acara.

Intinya, kami mewakili mahasiswa berprestasi Indonesia untuk menyampaikan closing speech dengan judul : “Young Generation and Creative Economy in Indonesia” dengan studi kasus lembaga naungan kami selama ini, yakni GCM ednovation. Clossing speech disampaikan setelah diskusi utama selesai. Pada sesi ini, empat pembicara  terlibat, yakni Gunawan Sumodiningrat (mewakili Prof Mubyarto), Alice Dewey (mewakili Ann Dunham), Sri Edy Swasono, dan Sandra Niessen dimoderatori oleh Heddy Shri Ahimsa-Putra.

Alhamdulillah, semua berjalan lancar walaupun perlu perbaikan di sana-sini, mulai dari cara penyampaian, gramatikal substansi, maupun gesture yang kami ditampilkan.Perhelatan acara sendiri digelar mulai tanggal 5-8 Desember 2010. Kegiatan yang diselenggarakan bukan hanya sebatas konferensi, namun diskusi cluster sebagai bahan rekomendasi untuk pemerintah hingga expo dari tiap pemerintah daerah / kampus yang menampilkan berbagai inovasi terkait pengembangan kearifan lokal di daerah.

tidak ketinggalan berbagai atraksi seni budaya seluruh Indonesia diperagakan secara terus-menerus sehingga memberi kesan yang beda dan unik.

Sambil mengevaluasi semua, kami  tersenyum kembali..mencoba memaknai dan menanti kejutan lain dariNya ^-^

2 thoughts on “KejutanNya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s