Curcol Suporter_Menuju Juara Sejati : Tim Nasional dan Rakyat Indonesia

Keindonesiaan kita akhir-akhir ini menguat. Kebanggaan akan Merah-Putih melekat, terbang mengangkasa bersama Garuda. Hal ini tak lain, tak bukan disebabkan tren positif penampilan timnas dalam even AFF Cup. Catatan gemilang telah dibukukan. Dengan rekor  kemenangan tanpa cela dan produktivitas gol tertinggi dibanding tim-tim lain yang berlaga di babak penyisihan hingga semifinal, Timnas diprediksi banyak kalangan dapat merengkuh gelar supremasi tertinggi sepak bola di Asia Tenggara untuk pertama kalinya. Tercatat Rio Ferdinand, Ryan Babel, dan terakhir Cesc Fabregas melalui account Twitter, menyambut hangat permainan atraktif Timnas.

Optimisme ini bukan tanpa alasan. Dukungan skill pemain yang merata di segala lini ditambah kematangan sosok pelatih menjadi kunci dan amunisi yang mengungkapkan bagaimana kualitas Timnas saat ini. Apalagi dengan militansi suporter yang terus bergelora, sepertinya gelar yang dinantikan tak lama lagi akan diperoleh.

Note ini sudah lama ingin ditulis. Namun, harus tertunda karena beberapa aktivitas dan kewajiban. Namun..malam ini, Aku tak bisa lagi menghindar, karena Timnas baru saja dihajar Tim Tuan Rumah 3-0 tanpa balas.

Lemes..sesak…melihat Garuda dikalahkan oleh Harimau Malaya. Kuakui permainan mereka taktis dan mampu mengalirkan bola lancar dengan penuh kepercayaan diri. Terlepas ada insiden laser di tengah-tengah pertandingan, bek-bek Timnas bermain di bawah penampilan terbaik. Lini ini terus mendapat sorotan tajam karena inkonsistensinya saat bertanding. Beberapa kali kesalahan terjadi, baik personal, miss communication antar permain hingga tekanan psikis yang dialami di negeri rantau. Lengkap sudah!

Sebagai Solusi atas kekalahan Malam ini, ada beberapa tawaran untuk para pihak;

Pertama. Ini hanya tawaran strategi om Alfred Riedl..sejak awal pertandingan besok, Irfan Bachdim dan Arif Suyono dimainkan untuk mendukung gebrakan Gonzales. Bambang Pamungkas khusus babak kedua, karena stamina Bachdim agak menurun bila terlalu lama dimainkan.

Selebihnya, Firman dan Bustomi harus fokus mengkoordinasi antar lini (baik belakang maupun depan). Catatan untuk Ridwan, jangan lupa bantu belakang, karena beberapa kali kehilangan posisi. Untuk lini belakang, pliss..jangan terlalu maju ke depan. Fokus di belakang, sabar…jangan tergesa-gesa dan buang bola…langsung, ngga usah pake ragu and bingung.

untuk semuanya, silahkan menembak ke gawang, tapi, lihat kawan! Beberapa kali banyak peluang matang yang harusnya berbuah gol terbang begitu saja karena hasrat yang berlebih.

Kedua. buat suporter..tolong, jangan aneh-aneh. Ini waktu kita untuk dewasa. Timnas lagi butuh dukungan, jadi, bersatulah..fokus di sana. Setelah AFF Cup selesai, kita bereskan kekacauan di PSSI. Bila perlu people power, semua siap!

Selain itu, saat di stadion, tolong hormati lagu kebangsaan Malaysia, jangan membawa petasan dan sejenisnya, berekspresilah dengan kreatif dan cerdas…ngga perlu bawa laser, senter, dan kawan2nya. Tunjukkan kepada dunia, siapa  juara sesungguhnya.

Ketiga. Media dan Para Tokoh yang terhormat, untuk sementara, Timnas butuh sendiri. Mereka ingin memberikan kejutan yang terbaik di jeda waktu tersisa. Jadi, JANGAN DIGANGGU!

Keempat. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, dukungan pihak keamanan harus lebih maksimal. Pastikan di setiap sektor, ada pihak keamanan yang berada dekat dan duduk dengan penonton, untuk menjaga ketertiban. Periksa semua barang, geledah benar-benar untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Bukan hanya botol minuman…karena di dalam juga, para penjualnya masih berkeliaran. Bukan sia-sia, namun ini seperti ingin membuang air di lautan..cape deh!

Bangsa ini memang butuh kebanggaan. Namun,  bukan semu apalagi sebatas materi. Piala AFF itu memang jawaban atas semua ‘kekacauan’, ‘kompleksitas, dan semakin peliknya problem yang dihadapi bangsa ini. Namun, jangan sampai tergadai karena kita meniadakan norma, etika, dan tanggung jawab sebagai manusia.

Salam Olahraga, Jaya Indonesia ^-^

*Garuda di Dadaku..Garuda Kebanggaanku..Ku yakin Indonesia juaranya*

 

 



 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s