“Dari, Oleh, dan Untuk Jakarta : Provocative Proactive”

 

 

 

 

 

 

Judul tulisan ini terinpirasi abis dari acara Provocative Proactive yang tadi ditonton. Tangan ini akhirnya ikut terprovokasi plus teraktivasi untuk segera nulis karena janji di hati untuk nulis tiap hari minimal satu judul ‘terbayar’ hari ini. Walaupun kemarin… Aku mengingkari..hiks2

Acaranya menarik, karena menampilkan tayangan khas anak muda, ‘segar’, ‘bergizi’, dan ‘penuh substansi’ padahal ngomongin bangsa. Aje gile…sumpeh deh! *coba pada nonton*

Acara ini ditayangkan setiap hari kamis, kurang lebih pukul 22.00 WIB. Memiliki dua format, pertama, pembacaan “Headline News” dan kedua, menampilkan talkshow Warung Kopi. Sederhana,  kenapa di ambil warung kopi sebagai nama acaranya, karena ia telah menjadi bagian dari budaya kita. Kedua, di manapun kita berada, tempat ini hampir selalu kita jumpai (walau dengan nama berbeda, misal di Jogja ada Angkringan atau Burjo) karena menjadi ruang publik efektif untuk berbagi.

Di warung kopi, semua orang sama dan semua orang bisa membahas apa saja. Termasuk para pembicara yang diundang dalam acara ini. Tidak jarang lelucon spontan, kritik, dan celutakan satir mengiringi. Tetap elegan walau tak jarang masih terkesan emosional dan asal.

Pekan ini, tema yang dibawa adalah soal, “Kemana Gayus Bersambut?”menghadirkan Mas Achmad Santosa (Anggota Satgas Pemberantasan Mafia Hukum)  di sesi pertama dan Pia Nasution (Kuasa Hukum Gayus) di sesi berikutnya.

Namun, yang menarik..Pandji (Host utama acara ini), mengawali ‘Headline News’ lewat berita Pembangunan Gedung Dewan dengan biaya konsultasi sebesar 18 M tanpa tender,,*krik..krik..* dan  tersangkutnya 17 Gubernur pada kasus korupsi..*dari 33 provinsi…weleh2*…

Tambahan yang belum sempat diungkap dalam acara ini, adalah “bohong dan kebohongan” ala pemuka lintas agama untuk penguasa.

Yang jelas bukan untuk menyimpulkan apalagi ingin mengulas masalah-masalah yang ada, tapi kalau boleh jujur, selama sepekan, energi negatif begitu besar kita terima dari Jakarta..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s