Masterpiece 2011 : MENULIS BUKU

Apa yang membuatku akhirnya menulis buku?

Sederhana, endorsement. Yaa..itu awal mula penyebabnya. Sudah ada 3 buah buku, yang harus kuberikan endorsement. Secara tak langsung, membuatku ‘terbakar’ untuk menulis juga.

Tapi, itu menguat saat rekan-rekan kampus juga terus memberikan dorongan untuk segera mendokumentasikan karya-karyaku secara lebih sistematis

Untuk siapa buku-buku itu ditulis?

Utamanya buat anak muda, khususnya mahasiswa. Karena semakin ke depan, kebutuhan untuk melahirkan generasi lebih baik mutlak dimiliki negeri ini. Selain itu, ada perasaan bersalah melihat semakin menurunnya kualitas mahasiswa dewasa ini. Daripada hanya diam apalagi turut serta menyalahkan, menulis menjadi salah satu cara solutif untuk membantu mereka.

Kenapa buku? Tidak yang lain?

Dari banyak karya yang bisa diberikan, untuk saat ini, buku menjadi media paling strategis merangkai aktivitas yang selama ini telah kulakukan. Paling tidak ia menjadi reminder bagiku dan rekan-rekan yang selama ini bergerak dan memperjuangkan kenyakinannya itu

Kenyakinan? Maksudnya?

Visi tentang perubahan, perbaikan, dan masa depan Indonesia agar lebih baik dan bermartabat. Buku bisa  menerjemahkan visi tersebut dan diharapkan mampu menstimulus karya-karya monumental lainnya.

Apa saja buku yang rencananya akan diterbitkan?

Pertama, karya pribadi, rencananya bentuknya beragam, karena banyak terinspirasi dari media jejaring sosial. Substansinya,  semi motivasi, catatan harian, dan skripsi yang selama ini telah dikerjakan.

Kedua, penulisan bersama dengan rekan-rekan kampus. Isnya lebih banyak mengemukakan soal ekspresi intelektualitas mahasiswa. Sederhananya, kalau UI punya Gie, maka UGM memiliki kumpulan Gie, yang tentunya lebih baik dari Gie sendiri. Konteks ini niscaya, mengingat zaman saat ini berubah sangat ekstrem dan terkadang menghasilkan realitas yang kompleks dan semakin tidak pasti. Ekspresi intelektualitas ini menjadi lumrah untuk mengakomodasi masalah tersebut menjadi peluang dan kesempatan.

Sudah sejauh mana pengerjaan buku-buku yang dimaksud?

Untuk buku semi motivasi sudah selesai, sekarang tinggal menunggu endorsement dan pengantar, sedangkan buku kedua, yang berisi seputar catatan harian, masih 35%. Sedangkan skripsi, Alhamdulillah hampir 70%.

Untuk penulisan bersama, sedang menunggu endorsement dan pengantar.

Apa yang membedakan buku-buku ini dengan yang lainnya?

Pertama, buku ini ditulis penulis fokus membahas tentang mahasiswa. Dasarnya, sedikit pengalaman dan ilmu yang dimiliki

Kedua, inovasi. Semua buku yang penulis desain, diarahkan untuk memiliki nilai tambah. Dan memastikan buku ini tidak hanya sekedar menginspirasi, tetapi juga mampu menggerakkan.

Ketiga, buku ini hasil feed back rekan-rekan penulis yang intens bergelut di dunia kepemudaan, khususnya juga mahasiswa. Sehingga obyektifikasi diharapkan dapat mengimbangi sis subyektif penulis.

Yuk..Mari Menulis Buku ^-^

6 thoughts on “Masterpiece 2011 : MENULIS BUKU

    1. aamin..Insya Allah segera dikabari. lagi nunggu pengantar and beberapa endors, pada orang sibuk semua gitu:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s