Negosiasi #10

  1. Banyak terinspirasi ketika membahas #negosiasi saat membaca buku seni negosiasi (roger dwason), negosiasi juara (nic peeling),
  2. Getting to Yes (Roger Fisher & Friends) dan Harus Bisa (Dino Patti Djalal) #negosiasi
  3. Kalau film asiknya nonton thank you for smoking #negosiasi
  4. Selain itu belajar #negosiasi lewat organisasi (bem km ugm), jk on leadership (pelatihan atau sharing dengan tokoh2),
  5. 5. waktu bangun usaha teman (gcm ednovation), dan interaksi sehari-hari (misalnya: nego biar harga kontrakan murah:) #negosiasi
  6. Kl di bem km ugm dulu, sering #negosiasi rektor soal kebijakan kampus, kalau dengan skk (satuan keamanan kampus) atau pak polisi untuk urusan demonstrasi
  7. selebihnya ngelobi staf untuk mau bantuin, hingga ngajak alumni dan tokoh turun gunung #negosiasi
  8. kalau pelatihan, dulu sempat ikut jk on leadership. Sehari bersama jusuf kalla gitu. Kita diberi tips & trik konkrit menjadi negosiator ulung #negosiasi
  9. kalau disederhanakan, intinya harus berani! Bahkan kalau lawan lebih berani kita mesti Gila:) namun, tetap dengan perhitungan #negosiasi
  10. jusuf kalla ngasi contoh kasus poso, ambon, dan aceh. Namun yang menarik bagiku soal kebakaran hutan..#negosiasi
  11. waktu itu, banyak negara tetangga yang kurang nyaman dengan ekspor asap dari kita setiap tahun ..#negosiasi
  12.  jk pun lebih ngga nyaman, dengan pernyataan resmi negara2 tetangga ini. Akhirnya dia memanggil semua duta besarnya ..#negosiasi
  13.  Jk nanya ke mereka, berapa lama terganggu akibat asap kita negaranya. Rata-rata menjawab 2-3 bulan gitu..#negosiasi
  14. Trus dibalas ama jk, oke, 3 bulan. Nah 9 bulan Indonesia ekspor oksigen dihitung jugga ngga? ..#negosiasi
  15. duta besar negara2 tetangga tadi akhirnya malu sendiri #negosiasi
  16. cerita lain, soal keberhasilan jokowi ber- #negosiasi dengan pedagang kaki lima (pkl)
  17. hati para pkl luluh setelah diajak jamuan makan 56 kali oleh jokowi.. #negosiasi
  18.  mereka tak rela menolak ajakan sang walikota yang begitu sabarnya meladeni #negosiasi
  19. dari contoh jk dan jokowi, kita bisa mengambil beberapa pelajaran. pertama, kekurangan itu adalah kelebihan dan kelebihan itu adalah kekurangan..#negosiasi
  20. jadi kemas itu dengan sebaik2nya kelebihan dan kekurangan yang dimiliki #negosiasi
  21. kedua, Jangan terlena dengan ‘kelebihan’ atau pasrah saat banyak ‘keterbatasan’, fokus dengan materi #negosiasi
  22. ketiga,pentingnya tahap persiapan. tahap ini terdiri dari Kerangka negosiasi, riset, dan strateginya
  23. Kerangka #negosiasi idealnya berisi target yang sangat ambisius (setinggi mungkin)
  24. Khusus untuk riset, kuasai informasi tentang lawan sebanyak mungkin #negosiasi
  25.  Terkait strategi, cara ber-#negosiasi banyak bentuk, mulai dari berunding formal hingga hanya sekedar jamuan makan
  26.  semakin informal dan kultural sebenarnya lebih baik dan cukup memudahkan. Namun tergantung konteks #negosiasi
  27. keempat, KISS : keep it simple, stupid. Buat kesepakatan sesederhana mungkin, dan jujur apa adanya (substantif)
  28. kesepakatan ini didukung oleh kontrak formal, dokumentasi tertulis maupun rekaman, hingga saksi2 #negosiasi
  29. minimal tim #negosiasi 3 orang, terdiri dari ketua, wakil ketua, dan notulen
  30. bahaya!! Bila terlalu banyak yang terlibat di tim #negosiasi. Khawatir tak terkondisikan dan melemahkan posisi tawar
  31. 31. untuk sang negosiator ada beberapa kriteria, 3C, Confidence (Percaya Diri), Charm (daya tarik), dan Competitiveness (berkualitas)
  32. 32. dalam smart generation mentorship, basis 3C ada beberapa hal, di antaranya Kompetensi, Prestasi, Kontribusi, Integritas Pribadi, Visi, Inovasi, dan Penampilan
  33. pastikan semua harus senang, ‘tidak ada’ yang kalah (win-win solution) #negosiasi
  34. 34. hindari jumawa atau menunjukkan euforia untuk menjaga perasaan dan hati lawan #negosiasi
  35.  tim negosiator harus siap dengan skenario baru (alternatif) bila terjadi kebuntuan #negosiasi
  36.  minta jeda atau tunda jangan dipaksakan! #negosiasi
  37. ‘INGAT! Mengalah bukan berarti kalah, tapi menang dengan sempurna..#negosiasi
  38. Asal ada pilihan yang sudah siap ditawarkan. Bila tetap bertahan mungkin cara HB IX bisa dipraktekkan..#negosiasi
  39.  saat menggantikan hamengku buwono xii jd sultan, dorodjatun (hb ix) merupakan seorang pemuda berusia 28 tahun. dia harus ber-#negosiasi..
  40. .dengan gubernur jenderal belanda untuk menandatangani sebuah perjanjian yang wajib dilakukan oleh setiap raja-raja baru mataram ..#negosiasi
  41. Isi kontraknya begitu merugikan mataram, namun bila tidak segera ditandatangani, kemungkinan terburuk bakal diterima keraton #negosiasi
  42. stlh perundingan marathon 4 bulan lamanya, di penghujung akhir, hb ix ‘mengalah’ & langsung menandatangani kontrak tanpa baca #negosiasi
  43.  belanda bingung. ini bukan hb ix biasanya. hb ix terus mengkonsolidasikan kekuatannya diam2 bersama the founding fathers lainnya #negosiasi
  44. saat indonesia diproklamirkan oleh, hb ix mendukung penuh, tak mau MENGALAH sama penjajah! #negosiasi#dukungkeistimewaanjogja
  45. rata-rata the the founding fathers adlh negosiator ulung, selain hb ix, ada agus salim, natsir, syahrir, hatta, …gmn skrg? #negosiasi
  46.  selain menguasai berbagai bahasa, mereka dibesarkan dalam tradisi yang utuh (timur dan barat) #negosiasi
  47. karakter ke-indonesia-nya kuat namun identitas globalnya juga melekat. mereka dihormati murni krn kualitas diri #negosiasi
  48. ngga mudah dibeli..dan sangat percaya diri! #negosiasi
  49. agk aneh ktika kontrak karya pertambangan puluhan thn yg tak masuk akal dibiarkan hingga skrg #negosiasi#renegosiasihingganasionalisasi
  50. siapapun bisa jadi negosiator, ngga ada batasan profesi.dari ulama, pengusaha, aktivis hingga diplomat #negosiasi
  51. praktek #negosiasi absurd di negeri ini karena hanya didominasi oleh ambisi pribadi dan sekedar mencari eksistensi
  52. #negosiasi jadi tabu.. padahal skill ini begitu banyak membantu bangsa ini di masa lalu agar maju
  53. agar tweeps lebih kontekstual memahami #negosiasi, saya akan ambil contoh-contoh riil lainnya misalnya aksi ibu kita
  54. jujur..saya akan mengalah kepada ibu dlm membahas sebuah masalah keluarga, bila ibu sudah meneteskan air mata #negosiasi
  55. ngga tau knp. tapi air mata salah satu senjata rahasia mematikan. saya biasa langsung ‘nurut’, walaupun tetap tidak larut:) #negosiasi
  56. sy ngga tau..klu nanti udah pny istri, bagaimana ber- #negosiasi yang sehat. ada yg mau berbagi? atau mirip seperti ibu ber-#negosiasi?
  57. atau yg saat ini sedang ngekos atau ngontrak rumah, gmn harganya? sudah coba di #negosiasi-kan tweeps?
  58. yang sedang skripsi, tesis atau disertasi udah ber-#negosiasi dg dosen soal jadwal dan pola pembimbingan efektif?
  59. sesi wawancara pada beasiswa baik dari dalam dan luar adalah bentuk lain #negosiasi. jadi nikmati dan kuasai!
  60. #negosiasi intens dgn mertua bole dicoba. menantu idaman adalah dambaan:)

2 thoughts on “Negosiasi #10

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s