Nulis #11

  1. #nulis awalnya karena orang lain. maksudnya? waktu itu iri, koq mahasiswa kampus tetangga bisa nulis di kolom utama surat kabar nasional..
  2. #nulis buku juga iri karena diri konsisten banget ngasi endorsement.. sampai pd akhirnya diri sadar harus juga menulis
  3. #nulis blog and kultwit juga karena iri, ngeliat anak muda yg selalu rutin menulis..ngga terima aja:)
  4. mungkin tweeps akan ngomong..”#nulis aja koq repot”, yup..buat saya memang merepotkan, krn #nulis kebutuhan sekaligus panggilan…
  5. kebutuhan? yup..saya ingin ttp utuh jd manusia dan sadar dengan kemanusiaan saya. #nulis membuat saya merasakan keduanya..
  6. kl panggilan knp? #nulis mampu ‘menggerakkan’. cara ini membuat sy lebih brmanfaat & secara efektif mampu mereproduksi perubahan & perbaikan
  7. ada yang jago #nulis tapi susah bicara, ada yg jago bicara susah #nulis. koq bisa? kenapa yaa?
  8. #nulis & bicara itu satu paket, bila bermasalah salah satunya, jelas krn krg latihan (praktek). praktek nulis? nulis..nulis..sama spt bicara
  9. gimana praktek #nulis? coba tweeps manfaatin account social medianya dgn efektif. misal note fb, abis nulis, tag temen2..mesti ada comment
  10. ..nah dari comment td kekurangan dan kelebihan tulisan jadi terlihat, buat kita nambah semangat untuk #nulis
  11. via update status atw twit bs, buku pertama sy full terinspirasi dr gaya ini. #nulis sekreatif mungkin..ngga perlu tll kaku dg gaya tertentu
  12. utk di awal, agar #nulis jd kebiasaan optimalin ‘baca’ karena ini amunisi utama
  13. ‘baca’ bisa baca buku, film, data, fakta, lingkungan.. namun dg seksama..agar hasilnya beda. setelah itu tulislah..apa yg dirasakan #nulis
  14. jangan membebani diri dg anggapan nulis harus ini itu..tulis aja, nikmati kreasi imaji dan hati, apresiasi #nulis
  15. contohnya skrg aj, sy kultwit #nulis karena tak sengaja nunggu delay pesawat, walau diri masih pemula, jgn sampai tak mencoba. yuk nulis..
  16. fokus buat #nulis yg udh prnah dihadapi/lakukan utk menjaga produktivitas, kl ingin mencoba ke yang lain..nikmati prosesnya:)
  17. keliatannya hanya nyusun huruf & kata tuk jd kalimat..tp, bila menyatu, mk ia akan bernyawa & mampu menggerakkan nyawa-nyawa lainnya #nulis
  18. entah berapa banyak revolusi dan reformasi yg terjadi di bumi terinspirasi karena #nulis jadi..tunggu apa lagi tweeps
  19. tiap #nulis, saya niatkan utk dikonkritkan, eh jadi konkrit:) krn saya percaya, ide adalah benda maya yang nyata..it works tweeps:)
  20. mulut untuk jd public speaker, tangan untuk jd penulis, otak utk jadi analis,..semua organ tubuh kt bs jd s.e.s.u.a.t.u kl kita mau #nulis
  21. role model sy nulis salah satunya mba @asmanadia iri dgn beliau..#nulis ap aj jd, mulai buku hingga film. Kata Bang Rhoma t.e.r.l.a.l.u:)
  22. musuh utama buat saya bila ingin #nulis adalah diri sendiri. Mulai dari rasa malas hingga padatnya aktivitas..tp ini alasan ngga mutu:)
  23. saya bukan siapa2, koq nulis? nah justru bukan karena siapa2, #nulis jd lebih seru! jk rowling hingga andrea hirata telah membuktikannya
  24. mas..saya khn masih mahasiswa baru, ngapain juga #nulis. saya ngga suka. ok deh, kl mau lulus, khn nulis skripsi, ngga suka juga kah?
  25. #nulis yang awalnya karena iri dan terinspirasi, membuat saya menjadikannya sebagai salah satu profesi dari banyak profesi. seru tweeps:)
  26. mereka yang suka menulis buku harian hampir bisa dipastikan dapat mengembangkan keterampilannya menjadi penulis (andreas harefa) #nulis
  27. buat yang mau #nulis buku, gampang koq! Sehari satu tulisan (artikel), bila sebulan, setahun…dikumpulin dan dibundel, jadi buku deh #nulis
  28. pertimbangan lain bila sudah ada arahan ingin diterbitkan penerbit, perhatikan segmentasi pembaca dan populasi yang akan membelinya #nulis
  29. tuntutan pasar’ terkadang adalah tantangan buat para penulis agar semakin membumi #nulis
  30.  jangan khawatir, kalau tweeps punya followers atau friends di facebook, itu konsumen prospektif bukunya #nulis
  31. ..apalagi bila kita aktif di organisasi, komunitas, alumni, ..cukup membantu #nulis
  32. sering-sering aja survai ke toko buku, genre tulisan or gaya penulisan apa yang lagi in and hot agar substansi tulisan tetap aktual #nulis
  33. kalau nulis buku banyak untungnya, karena nambah ilmu, jaringan, dan ‘Kaya’ #nulis
  34. tanpa disadari, ketika #nulis buku kita banyak baca buku,
  35. belum lagi teman baru datang dengan kapasitas sebagai pembaca..#nulis
  36.  ..dekat dengan tokoh-tokoh jadi biasa karena butuh endorsement atau sekedar pengantar mereka..#nulis
  37. …dukungan sponsor dan royalti dari penerbit yang rata-rata 10% dari harga jual, lumayan buat pemula seperti saya #nulis
  38. gimana kalau nulis artikel? Coba latihan di kolom seputar indonesia (sindo) bagian suara mahasiswa.. #nulis
  39. banyak aktivis-aktivis kampus yang belajar nulis dari kolom surat kabar ini. fee-nya jg lumayan 100 ribu #nulis
  40. kalau di Kompas ada di rubrik Kompas Kampus, setiap selasa. Hanya 1300 karakter, dimuat plus dpt souvenir
  41. tweeps bisa juga memetakan kesempatan di surat2 kabar lokal atau portal…#nulis
  42. ..namun, bila sudah masuk dalam bidang kompetensi yang spesifik coba ke kolom-kolomnya di surat kabar terkemuka
  43. butuh analisis yang tajam, wacana hangat dan penuh manfaat. fee cukup seru mulai dari 750 ribu-2jutaan
  44. suka dengan tulisan Uda Indra J. Piliang kalau soal analisis2 gitu. Contoh tulisan2 beliau lihat webnya tweeps à http://indrapiliang.com/category/kolom/
  45. benarlah kata Pram, kalau #nulis itu bekerja untuk keabadian. Tak lain tak bukan, di kamarku..di perpusmu hingga pikiran ini, ‘pram tetap hidup’
  46. sudahkah #nulis hari ini tweeps?
  47. di mana pun saya menemukan tempat untuk duduk dan menulis, di situlah rumah saya (mary tall mountain) #nulis
  48. gagasan seorang penulis adalah hal-hal yang menjadi kepeduliannya (john gardner) #nulis
  49. writing a column takes more than just a bright idea & good writing. it needs dedication, discipline, & deadlines..(Mridu Khullar) #nulis
  50. masih merasa menulis bagaikan beban? apakah membaca sebagai siksaan? tak punya waktu? #nulis
  51. tips dari hernowo ada 3, pertama, membangun ruang privat di dalam pikiran. apaan tuh mas? krik..krik..^-^ #nulis
  52. tafsiran saya tentang ini, #nulis sebebas2nya. yang penting nulis..nulis..nulis..”aku menulis, maka aku ada” ^-^
  53. kedua, membaca dan menulis bersamaan. koq bisa? #nulis
  54. baca itu amunisinya, #nulis itu senjatanya. jgn lupa tembak sasarannya..#loh kalau baca aja jadinya hampa, jika hanya nulis, krg bernyawa
  55. ketiga, berusaha sekuat daya meraih makna. waduh berat..makin abstrak yaa tweeps? ini maksudnya..#nulis
  56. misal tweeps eksplorasi diri, dari kecil hingga dewasa seperti sekarang. apa makna hidup? untuk apa menjadi Indonesia? #nulis
  57. intinya, semakin mengenal diri, tweeps akan lebih mudah #nulis btw “siapa sih diri kita?” –> bahan nulis pertama tweeps:)
  58. ikatlah ilmu dengan menuliskannya (Ali bin Abi Thalib) #nulis
  59. biar tweeps semangat #nulis, coba nonton freedom writers. dijamin jadi lbh semangat buat #nulis

One thought on “Nulis #11

  1. Dengan menulis, aku bisa menjelaskan apa itu sedih, apa itu sakit, apa itu kesepian dan apa itu kebahagian hingga aku semakin menghargai setiap rasa itu dan bersyukur pada Allah atas setiap tetes air mata yang menjadikanku tegar, setiap rasa sakit yang menjadikanku kuat, setiap kesepian yang membuatku tenang dan setiap tawa serta senyum yang membuatku mengerti bahwa hidup ini indah! dengan menulis!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s