Maba #17

  1. selamat buat tweeps yang udah jadi mahasiswa baru (maba)..gimana perasaannya? #maba
  2. kampus dan jurusannya apakah sudah sesuai pilihan? #maba
  3. kalau belum sesuai pilihan, renungkan selama 2 semester sebelum memutuskan untuk pindah #maba
  4. sekedar saran, hati-hati memilih kos-kosan yaa..kenapa? #maba
  5. pertama, kl ngekos asal, bisa ketemu ama orang2 ngga jelas. ngga jelas krn sering galau, alay, dan turunannya. ini menular banget! #maba
  6. kedua, kosan ngga jelas, efeknya ke prestasi akademik dan non akademik. karena kondisi lingkungan kurang membuat diri termotivasi #maba
  7. ketiga, kosan ngga asik, kalau ngga ada aturan yang jelas dan tegas dari yang punya. enaknya sesaat, ruginya dunia akhirat #maba
  8. udah tau di mana tempat makan yang paling murah? #maba
  9. menjadi #maba harus pandai mengelola dana. bila belum ada usaha atau beasiswa
  10. coba dibuat anggaran belanja, agar semuanya tetap terjaga. ingat..sebulan ada 30 hari! #maba
  11. siapa aja senior di kampus yang asik? #maba
  12. senior yang asik, ngga membebani, namun malah menginspirasi #maba
  13. kalau soal ospek, inget aja..pasal 1, senior (belum) tentu benar. pasal 2, bila junior salah kembali ke pasal 1 #maba
  14. kalau ada ospek yang mengintimidasi…please, go out! udah bukan zamannya. kreatif senior! #maba
  15. Apalagi kalau ospek sampai pakai kekerasan fisik segala..laporkan langsung ke wakil rektor kemahasiswaan atau wakil dekan kemahasiswaan #maba
  16. trus, siapa dosen pembimbing akademiknya? coba lihat track record publik dan kesehariannya, baik di kampus maupun di rumah
  17. sepenting apa dosen pembimbing akademik? yup..kadang turut serta mempengaruhi seberapa cepat lulus #maba
  18. jadi mahasiswa baru, bukan hanya sekedar berganti status, karena diikuti oleh berbagai tanggung jawab #maba
  19. apa aja sih, tanggung jawab seorang mahasiswa baru? pertama, secara intelektual, dia diharapkan menjadi generasi terbaik bangsa di masa mendatang
  20. kedua, secara emosional, dia merupakan sosok pemimpin-pemimpin masa depan. karena didukung pembelajaran yang kondusif
  21. secara sosial, mahasiswa baru menjadi agen2 perubahan yang siap melakukan berbagai kebaikan karena didukung kemurnian jiwa (idealisme) #maba
  22. inti peran dari mahasiswa baru sebenarnya terletak pada inisiatifnya …jangan menunggu, apalagi mengharap! hentikan! #maba
  23. jadi mahasiswa baru harus sering update info ke papan informasi (pengumuman), sering main ke web kampus, hingga ke toko buku #maba
  24. buku pertama saya, #StatusUpdate (Gramedia) didedikasikan utk #maba…follow up dari buku ini, like fan page ini –> http://www.facebook.com/pages/Status-Update-For-The-Best-Student/247600751992988?ref=hl
  25. kalau mau masuk organisasi mahasiswa juga hati-hati yaa tweeps …jangan hanya sekedar ikut-ikutan.. #maba
  26. jangan terpegaruh merk…check visi/misi organisasi, integritas pengurus, dan konsistensi alumninya #maba
  27. banyak organisasi mahasiswa ngga jelas. mulai dari program kerja hingga bentuk realisasinya ..jadi hati-hati #maba
  28. kalau #maba ingin berwirausaha, belajar aja langsung dengan para alumni. minta bantuan bimbingan mereka
  29. atau, bisa juga nunggu kompetisi bisnis via proposal dari CSR (corporate social responsibility) Perusahaan #maba
  30. buat para #maba yang ingin istimewa, beda, dan luar biasa, bisa update terus link blog saya di smartgeneration.wordpress.com
  31. orientasi #maba belajar di kampus adalah menuntut ilmu, bukan hanya sekedar mengejar nilai..
  32. ketika hanya fokus ke nilai, tweeps hanya menjadi followers bukan leaders #maba
  33. nilai memang penting, namun, jangan sampai gara-gara nilai, diri jadi menghalalkan segala cara.. #maba
  34. nitip absen, menyontek saat ujian,..lupa bahwa hidup ada norma dan etika #maba
  35. selain kuliah, isi aktivitas tweeps dengan aktivitas lain yang bermanfaat. karena akan banyak waktu tersisa #maba
  36. banyak mahasiswa dengan mudah membuang waktunya ketika di awal-awal perkuliahan. coba lirik aktivitas pendukung seperti..
  37. nulis…lirik kolom surat pembaca sebagai latihan menulis di harian lokal/nasional. atau ikuti kolom2 portal online sebagai awalan #maba
  38. bila sudah rutin, coba isi kolom yang khusus untuk mahasiswa seperti Suara Mahasiswa (SINDO), Kompas Kampus (KOMPAS), ..#maba
  39. selain nulis, part time di perusahaan setempat juga bisa nambah pengalaman. pilih perusahaan yang meningkatkan jam terbang ilmu kamu
  40. atau magang di LSM/NGO yang dapat mengasah daya nalar, kekritisan, hingga memperluas jaringan mu #maba
  41. ikut mendampingi komunitas anak jalanan hingga masyarakat pedesaan.. via organisasi, komunitas yg telah eksis ok buat dipertimbangkan #maba
  42. sering ikut seminar, dialog, pelatihan, hingga konferensi seputar keilmuan maupun keahlian (soft skills) akan sangat membantu nantinya #maba
  43. membuat komunitas diskusi di angkatanmu juga seru tweeps…aktivitas ini bisa memberikan banyak stimulus intelektual…#maba
  44. ..komunitas diskusi di angkatan dapat mengakrabkan suasana sekaligus memperkuat pemahaman dasar-dasar keilmuan #maba
  45. selama jadi mahasiswa, coba luaskan pergaulan. jangan hanya berteman dengan satu angkatan, jurusan, dan fakultas #maba
  46. banyak teman…banyak rezekiJ banyak bermanfaat ..trust me, it works:)
  47. namun, hati-hati dalam memilih teman. karena ngga semua bisa jadi teman.. #maba
  48. teman yang baik itu ada kapan aja! saat senang maupun susah #maba
  49. teman yang baik mendukung di saat kita membutuhkan, dan mengingatkan saat kita berbuat kesalahan #maba
  50. dia punya pandangan jauh tentang hubungan pertemanan ini, ngga hanya sekedar memenuhi isi lambungnya #maba
  51. saat jadi mahasiswa baru, jangan malu bertanya..tanya..tanya…tanya..bila tak ada jawabnya di sana:) #maba
  52. saat jadi mahasiswa baru, tak apa berbuah salah, wajar. tp ingat, jangan diulang! karena keledai tak jatuh dua kali #maba
  53. terus belajar…jangan cepat berpuas! tapi, jangan minder atau sekedar mingkem, walau di kampus banyak orang-orang ok #maba
  54. tweeps…saya ngantor dulu, kalau ada pertanyaan seputar mahasiswa baru…mention aja yaa #maba
  55. selamat berjuang, wahai pejuang masa depan negeri #maba

2 thoughts on “Maba #17

  1. Keren nih Kak, postingannya !!
    Serasa jadi MABA lagi . .
    bagi bukan maba yg sempat salah jalur, penting juga untuk pindah ke jalur yg benar!

    owh ya ka, kalau mau bikin akun portal di kompas atau sindosbg freelancer, gmn caranya ka? #pengentahu

    1. Alhamdulillah..terima kasih responnya.

      kalau maksudnya kompasiana, prosedur daftarnya sama seperti pertama kali membuat blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s