SangDemonstran #27

  1. menurut tweeps, demonstrasi masih perlu ngga di era spt skrg? #SangDemonstran
  2. apa yang membuat tweeps demonstrasi? #SangDemonstran
  3. menurut saya demo adalah salah satu bentuk ekspresi intelektualitas yang bertujuan..#SangDemonstran
  4. menyampaikan aspirasi kepada penguasa (pemilik kebijakan), sifatnya secara langsung dan melibatkan massa #SangDemonstran
  5. mari kita garis bawahi, ekspresi intelektualitas dan aspirasi tweeps..apa maknanya? #SangDemonstran
  6. pertama, demonstrasi dilakukan karena nalar yang jelas. demo karena ikut2an atau dibayar, ngga termasuk lo #SangDemonstran
  7. jadi, sebelum turun ke jalan, ditanya dulu alasan dan rasionalisasi alasannya..#SangDemonstran
  8. jangan sekedar tolak, lawan, dan bakar..ini memalukan! #SangDemonstran
  9. kedua, aspirasi yang diperjuangkan merepresentasikan kepentingan masyarakat luas. mis; #antikorupsi #freePalestine, …#SangDemonstran
  10. #SangDemonstran mendorong alternatif kebijakan, jalan ketiga permasalahan..sehingga, ideal bila juga membawa solusi bukan sekedar mempermasalahkan masalah..
  11. trus, kalau kita mikir semua, tugas penguasa apa? pertanyaan ini relevan, namun tak kontekstual, bila kita ingin mendorong perbaikan dan perubahan segera #SangDemonstran
  12. demonstrasi terjadi, karena upaya diplomasi menemui jalan buntu. dengan demo, pihak yang menjadi korban, kembali memiliki posisi tawar..#SangDemonstran
  13. .. karena membuka terlibatnya ‘pihak ketiga’ atau publik untuk turut menyelesaikan masalah yang sedang terjadi.. #SangDemonstran
  14. misalnya, isu #antikorupsi..konsistensi menyuarakannya selain dpt mendorong penegak hukum untuk memperbaiki diri dan lebih baik…
  15. juga dunia internasional turut memantau, via media massa, lembaga dunia, LSM/NGO, hingga masyarakat perlahan mulai membenci korupsi.
  16. lama kelamaan hukuman berat bagi koruptor akan segera terealisasi.  #SangDemonstran harus sabar dan berjiwa besar merealisasikan perubahan..
  17. ..tak ada yang instan tweeps, semuanya perlu proses. kalau jalanan macet gmn? nah, ini problemnya. yang salah, bukan demo-nya (substansi). .#SangDemonstran
  18. tp, caranya berdemo. demo dilindungi oleh undang2 sebagai bagian kebebasan berekspresi. namun, tetap harus izin aparat terkait #Sang Demonstran
  19. kalau demo anarkis? apa pemicunya? lihat massa aksi..siapa yang mulai terprovokasi dan melakukan provokasi..#SangDemonstran
  20. kadang ini jadi kurang fair dan obyektif, karena di lapangan banyak hal bisa terjadi. bisa yang memicu media massa, aparat, hingga #SangDemonstran yang tersulut emosi
  21. apa yang demo ngga kuliah? justru demo itu bagian dari kuliah. ingat tri dharma perguruan tinggi. ini pengabdian masyarakat #SangDemonstran
  22. tinggal tweeps atur waktunya aja…agar pengabdian #SangDemonstran kepada masy. tak tertunda
  23. jadi, alasan memacetkan lalu lintas, demo itu pasti anarkis, pendemo tak bisa dipertentangkan dengan tujuan mulia dari demo..#SangDemonstran
  24. …sy percaya, #SangDemonstran itu sosok cerdas nan berintegritas..dia udh selesai dg dirinya. tp, ia ttp manusia yg hrs trus diingatkan
  25. Apa fungsi demo itu sebenarnya?  karena kebanyakan demo yang ada tidak mengubah kebijakan yang sudah dibuat.. #SangDemonstran
  26. .. pertama, demo  dilakukan agar publik mengetahui persis duduk persoalan yang dihadapi  oleh ‘korban’..#SangDemonstran
  27. kedua, demo juga berupaya untuk mencerdaskan publik dalam melihat sisi-sisi lain dari sebuah persoalan #SangDemonstran
  28. ketiga, secara politik, demo dapat menjadi alat penekan penguasa (posisi tawar), baik secara tidak langsung maupun langsung..
  29. secara tidak langsung, bila demo hanya dilakukan sekali dua kali..namun, bila terus-menerus? demo dapat mengubah ..#SangDemosntran
  30. ingat #ArabSpring? #OccupyWallStreet? yang menarik, Majalah Time di tahun 2011, menobatkan “The Protester”(#SangDemonstran ) ..
  31. untuk pertama kalinya sebagai  person of the year bukan figur, melainkan sekelompok orang..apa alasan majalah time? #SangDemonstran
  32. kata kuncinya ekspresi..pesan ini yang ditangkap majalah time ketika melihat sepak terjang para pemimpin-pemimpin dunia yang mulai lupa diri.. #SangDemonstran
  33. mereka perlu diingatkan, bila perlu diturunkan…bila sudah lupa diri, SIAPAPUN DIA! #SangDemonstran
  34. jejaring sosial sebenarnya bisa mengambil peran penting membantu #SangDemonstran..karena ini menjadi media baru dalam melakukan propaganda..
  35. mari kita belajar dari hitler dan pki, bagaimana menjalankan propaganda ..#SangDemonstran
  36. selain demo, apa aja cara lainnya? diskusi, riset, nulis, advokasi, audiensi (negosiasi dan lobi)..
  37. semuanya saling melengkapi sebenarnya tweeps . jangan dipertentangkan yaa ..#SangDemonstran
  38. saya suka sedih, kalau ada yang mempertentangkan demo dengan cara yang lainnya atau menyalahkan demo..
  39. dan yang paling membuat saya sedih, yang suka demo malah emosi menanggapi semuanya ..#SangDemonstran
  40. saya memilih, melakukan semuanya cara, dari demo hingga nulis atau diskusi sampai mengajar..yang penting, misi perbaikan dan perubahan segera tercapai #SangDemonstran
  41. demonstrasi itu bentuknya bukan hanya protes, mendukung kebijakan juga bisa, hingga membantu korban bencana alam (sosial)..#SangDemonstran
  42. gimana sih berdemo yang baik? pertama buat kepanitiaannya tweeps, biar terartur dan jelas..#SangDemonstrans
  43. tunjuk koordinator umum, biar beliau yang menentukan siapa koordinator lapangan, sie acara hingga konsumsi..#SangDemonstran
  44. intinya ngga jauh beda dengan buat seminar, konferensi,…emang tugasnya apa aja? #SangDemonstran
  45. bagian acara, menyiapkan siapa aja yang orasi, yel2 & lagu2-nya gimana biar semua semangat…#SangDemonstran
  46. selain itu, izin jangan lupa diurus ke aparat terkait agar proses pengamanan mudah dan acara berlangsung lancar tanpa gangguan #SangDemonstran
  47. buat bagian humas, jangan lupa membuat press release yang isinya rasionalisasi demonstrasi dan pernyataan sikap..hubungi media massa semua #SangDemonstran
  48. ..siapkan juga tim lobi & negosiasi, jangan semua juga orasi. kumpulkan hasil kajian dan riset yang selama ini telah dilakukan #SangDemonstran
  49. apa aja persiapan seorang pelobi dan negosiator? ini link-nya àhttps://smartgeneration.wordpress.com/2012/04/09/negosiasi-7/ #SangDemonstran
  50. luruskan niat dan selalu ingat, jangan nodai tujuan mulia demontrasi dengan kepentingan sesaat yang kebanyakan sesat #SangDemonstran
  51. #SangDemonstran itu ipk-nya cumlaude, bukan kemelut yaa.. suka nulis, jago debat (public speaker), risk taker banget..cocok jadi pengusaha
  52. pelobi yang handal, pembangun jaringan yang tangguh…ngga salah kalau masa depan memeluknya
  53. …mau kuliah s2/s3 di luar ok ..mengabdikan diri ke masyarakat sip! berwirausaha, kerja apalagi. siap pakai dah. #SangDemonstran tetap ada walau tak memakai almamater
  54. orang tua bangga dan bahagia, karena anaknya bermanfaat luar biasa. komunikasikan karyamu kepada mereka selalu tweeps #SangDemonstran
  55. libatkan orang tua kita dalam membangun bangsa..kita tak bisa sendiri #SangDemonstran

One thought on “SangDemonstran #27

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s