PolitikKampus #34

229907_4183730867980_187282522_n

  1. politik adalah keseharian tweeps. termasuk di kampus..#PolitikKampus
  2. tak ada yang netral, bahkan yang netral sekalipun. semuanya berpolitik, termasuk tak berpolitik (golput) #PolitikKampus
  3. minimal, tweeps harus tau, agar tak dipolitisasi..#PolitikKampus
  4. banyak banget manfaat belajar dan berpraktik #PolitikKampus walau ngeri-ngeri sedap
  5. aktif di organisasi hingga bekerja di kantor sekalipun…mesti akan mengalami dinamika politik..#PolitikKampus
  6. jadi, hati-hati tweeps, bila ngga mau tau atau pura-pura sok tau. Minimal tau yaa:) #PolitikKampus
  7. sudah menjadi rahasia umum, #PolitikKampus di sebagian besar universitas negeri di negeri ini pasca reformasi ‘dikuasai’ oleh ‘santri kota’..
  8. emang, ‘santri desa’ ada? yup, kekuatan santri desa tersebar merata di Univ. Islam Negeri..#PolitikKampus
  9. ..intinya, kekuatan hijau (Islam), masih mendominasi #PolitikKampus di Univ. Negeri. Bagaimana kampus swasta? relatif lebih cair dan terbuka..
  10. di tingkatan nasional, fatsun warna ini semakin cair, malah cenderung ke tengah. Istilahnya, religius nasionalis atau nasionalis religius..#PolitikKampus
  11. yang ekstrem?  Kanan banget atau kiri mentok, cenderung ditinggalkan..tak terlalu menarik buat para politisi utk menggaet pemilih..#PolitikKampus
  12. di kampus, khususnya di UGM selain lewat partai, dibuka calon independen..jadi demokratis banget. Beda ama Indonesia:)… #PolitikKampus
  13. ..saya membayangkan presidential threshold cukup 3,5% sesuai parliamentary threshold bahkan 0 %. Biar terbuka kesempatan semua #PolitikKampus
  14. Jadi, tunggu apalagi tweeps..yuk ber- #PolitikKampus. Sederhana koq, track record kuncinya..481779_415922368479510_1883740237_n
  15. masuk organisasi ekstra kampus silahkan, ngga juga ngga apa..yang penting aktif organisasi..#PolitikKampus
  16. kembali track record, kl tweeps mau aktif di #PolitikKampus bahkan #PolitikNasional, integritas menjadi kunci..
  17. korupsi, selingkuh, apalagi nikah cuman 4 hari..ini t.e.r.l.a.l.u:) #PolitikKampus
  18. setelah integritas, ada kapasitas…ini meliputi banyak dimensi salah satunya kapabilitas. Bukan hanya aspek intelektualitas aja tweeps.
  19. kemampuan memimpin, berkomunikasi dengan elit/publik, visioner, …ada di dalamnya #PolitikKampus
  20. logistik? Yup, politik identik dengan kapital. Padahal kl kreatif dan inovatif, ngga juga..#PolitikKampus
  21. selama di kampus, coba asah, asuh, dan asih integritas dan kapasitas..#PolitikKampus
  22. karena kampus, masih menjadi salah satu sarana kaderisasi kepemimpinan nasional..dan terbukti sejak negeri ini belum merdeka..#PolitikKampus
  23. jadi, #PolitikKampus itu apa tweeps?
  24. yup, krn politik itu maknanya ‘berkuasa’ utk mensejahterakan smua. bila dikampus ada yg brkuasa & tak sjahtera smua, gmn? #PolitikKampus
  25. ..yup, ‘diturunkan’ dengan cara-cara elegan nan konstitusional. Ingat, #AnakMuda berpolitik itu dengan gagasan dan ia mencerdaskan
  26. Yup, udah bentuk tim sukses belum? Partai didirikan aja..jangan nanggung2 kl mau buat perubahan.. #PolitikKampus
  27. jangan omong aja kl mau memperbaiki keadaan..politik kotor, hina, ..purba banget sih:) #PolitikKampus
  28. nah, tim atau partai sukses yang sukses haruslah mewakili semua elemen fakultas/ukm/komunitas/..#PolitikKampus286619_3887100142827_1754946448_o
  29. ..kalau hanya satu aliran? Bagus, jadi mudah bersatu..tapi siap2 aja, karena politik kita terkadang tak beraliran:)
  30. ..transparansi keuangan bisa jadi alat kampanye yang efektif dalam Pemira..#PolitikKampus
  31. Harus jelas dungs, uang dari mana, koq bs partai buat baliho banyak…spanduk di mana2 ..#PolitikKampus
  32. Patut dicurigai, kalau dananya tak pernah dilaporkan kepada publik…#PolitikKampus
  33. Tradisi antikorupsi harus dimulai hal terkecil, terdekat..jgn bilang partai korup, kalau kampus tak membuktikan diri #PolitikKampus
  34. ..zaman saya dulu, uang kampanye dari sumbang-menyumbang teman, ngamen,  uang dari beasiswa/ngisi forum/..#PolitikKampus
  35. ..Btw Komisi Pemilu, harus buat batas pengeluaran untuk kampanye yaa..jgn lupa! #PolitikKampus
  36. ..Foto yang menarik & panggilan nama kandidat, yang unik bisa menjadi alat penuai simpati yang efektif..#PolitikKampus
  37. ..testimoni tokoh kampus, baik dari mahasiswa maupun dosen dapat memudahkan pemilih memahami kandidat calon presiden mahasiswa..#PolitikKampus
  38. jejaring sosial sangat efektif mempengaruhi persepsi publik kampus..#PolitikKampus
  39. ..apalagi pemilihnya nanti berasal dari kelas menengah ke atas terdidik. Wajib hukumnya punya account jejaring sosial..#PolitikKampus
  40. Calon pemimpin harus punya ym/skype, fb & twitter, aktif di youtube, kl ada website lebih baik J #PolitikKampus
  41. Btw Calon pemimpin koq IPK di bawah 3, piye? Aktif organisasi bukan alasan, apalagi sok sibuk…jangan dipilih yaa tweeps #PolitikKampus
  42. Calon pemimpin ngga ninggalin organisasi dg cara kuliah kerja nyata pula..hadeuh. klu mau eksis doang jangan berpolitik deh..#PolitikKampus
  43. Ngga bisa setengah2 bro/sis..ambil sks dikit aja, kl cuti lebih baik malah..#PolitikKampus
  44. diberi tanggung jawab, malah senangnya jalan-jalan mulu, lobi sana sini…mana kontribusi dan prestasinya? #PolitikKampus
  45. apapun itu, ada ‘keringatnya’..ngga ada yang modal hura2 atau huru hara doang..ke laut aja deh…#PolitikKampus
  46. Zaman bergerak..bahkan waktu sedang sprint skrg, koq #PolitikKampus gitu2 aja..masih aja mengeluh soal partisipasi
  47. Zaman saya untuk meningkatkan partisipasi pemilih dengan kerjasama KPK. Tiap yg nyoblos, dpt gelang dan stiker antikorupsi…#PolitikKampus
  48. Selain itu, ada snack-nya juga walau terbatas..#PolitikKampus
  49. Debat antar presiden mahasiswa juga menarik, mereka disandingkan dengan calon presiden RI 2009..#PolitikKampus
  50. Harusnya, skrg mome ini dpt, coba buat debat calon presiden mahasiswa dengan calon presiden RI..#PolitikKampus
  51. ..jadi kelihatan siapa yg berkualitas. Dan siap jadi pemimpin..jangan setengah2 komisi pemilihan raya..#PolitikKampus
  52. Pemilihan jangan dibuat sehari aja…bahkan coba dibuat e-vote gitu, di manapun mereka berada bisa nyontreng..#PolitikKampus
  53. Perkuat juga sosialisasi dan tahapan eksekusinya…harus lebih baik dari KPU & Bawaslu. Jangan sampai DKPP turun tangan juga di Pemira:) #PolitikKampus
  54. Buat tweeps, yang hanya tertarik sebagai pemilih, coba buat survei aja…pantau proses sebelum, selama, dan sesudah pemira..#PolitikKampus
  55. Jangan mau atau diam Kartu Tanda Mahasiswa diambil..enak aja. hati2! #PolitikKampus
  56. Ketika tweeps mulai berpolitik, maka ruang privat jadi publik. ruang publik ttp memainkan fungsi dan logikanya #PolitikKampus64621_526827050670259_1302593752_n
  57. …Ada yang bisa dan terbiasa dengan logika publik, namun banyak juga yang ‘binasa’..#PolitikKampus
  58. Saran saya, untuk semester  1 dan 2 aktif di organisasi secara profesional. Pahami dinamika di sana dengan baik..#PolitikKampus
  59. Jangan tergoda rayuan sesaat bin sesat..karena cenderung emosional. Perhatikan track record organisasi, alumni,..#PolitikKampus
  60. #PolitikKampus secara spesifik tak jauh berbeda dengan #PolitikNasional. Bicara posisi, kursi, dan ‘menguasai’…
  61. ..Pemenang Pemilihan Raya Mahasiswa (tak selalu) menentukan, namun, saat ini relatif. Tergantung angka partisipasi..#PolitikKampus
  62. ..Semakin kecil angkanya, maka efeknya cenderung elitis alias tak berdampak ..#PolitikKampus
  63. …Banyak pengurus BEM/LEM/Eksekutif Mahasiswa akhirnya mengalami delegitimasi alias antara ada dan tiada, …
  64. ..karena hanya berhasil menyelenggarakan prosedur demokrasi, namun melupakan substansinya, dari, oleh, dan untuk semua mahasiswa, ..#PolitikKampus
  65. ..bukan hanya untuk ‘santri kota’, ‘santri desa’, dan ‘di antara keduanya’…#PolitikKampus
  66. Aktivitas #PolitikKampus pertama kali saya lakukan, ketika maju di tingkat himpunan/jurusan..
  67. Alhamdulillah kalahJ waktu itu masih mahasiswa baru. Langsung mencalonkan diri jadi wakil ketua himpunan/jurusan..#PolitikKampus
  68. penyebabnya, karena di jurusan menguat ‘merah’ dan ‘netral’..mahasiswa baru terseret harus mengikuti salah satu. kita buat kutub baru..#PolitikKampus
  69. banyak pembelajaran, salah satunya, melawan arus..beda gitu, agak gimana aja. tapi, kedewasaan berpolitik terlihat kuat #PolitikKampus
  70. dicoba aja tweeps, dari mulai level himpunan/jurusan..kalah dan menang biasa. Yang penting terus berkarya..#PolitikKampus
  71. setelah kalah di jurusan, Alhamdulillah..berhasil ‘memenangkan’ 2-3 calon ketua himpunan/jurusan pada periode2 berikutnya:) #PolitikKampus
  72. di level fakultas, waktu itu belum ada BEM, jadi pembelajaran #PolitikKampus berikutnya di level universitas..
  73. di universitas intens sejak 2008-2011, memahami bagaimana wajah asli #PolitikKampus…
  74. ..sebelumnya lebih banyak berperan secara profesional, mulai dari staf-deputi-menteri-menko (wapres)..#PolitikKampus
  75. karena sejak awal, hanya ingin mengabdi..namun, sering mengalami hambatan, tantangan…terkait realisasi visi, aksi, dan berbagai mimpi..#PolitikKampus
  76. akhirnya, perbedaan mengemuka…sebulan sebelum masa jabatan sebagai menko (wapres) resmi mengundurkan diri dari kabinet..#PolitikKampus
  77. pertama, menolak dicalonkan partai penguasa, karena perbedaan visi dan aksi. Resminya calon tunggal, kalau tetap maju, kemungkinan terpilih sangat besar..#PolitikKampus29544_543861798974619_1399385872_n
  78. kedua, jenuh dengan perpolitikan kampus yang statis..karena kurang memberi ruang terhadap perubahan sistem #PolitikKampus
  79. saat itu, lebih memilih fokus kembali ke kampus dan mendukung salah satu kandidat. Kembali membuat tim sukses ceritanya..#PolitikKampus
  80. Alhamdulillah kalah usaha pertama ini, walau ‘dikalahkan’ dengan cara-cara yang zhalim. No problemo,
  81. zhalim? Baliho satu-satunya hilang, spanduk di robek, pamflet banyak yang hilang, diintimidasi..
  82. tak jelek tweeps, finis di peringkat ke 3 dengan peroleh 3006 suara..selisih sekitar 900an suara dengan peringkat pertama..#PolitikKampus
  83. harus diakui, tim sukses amburadul, tapi, tetap ngga nyangka dpt suara sebanyak itu..#PolitikKampus
  84. penyebabnya, jejaring sosial via dunia maya dan nyata tweeps..beraliansi-lah, jangan sendirian walaupun independen #PolitikKampus
  85. ..walau kalah, kita tetap mengirimkan wakil di kabinet untuk 2 posisi, menko (wapres) dan menteri..#PolitikKampus
  86. Setelah 2008-2009 kalah, pada periode berikutnya, 2011-2012, kembali ‘turun’, untuk kali ini menang #PolitikKampus
  87. Perjuangan membantah dominasi selama 13 tahun..wow! seru..walau perlu banyak evaluasi baik dari sisi tim sukses maupun kinerja kabinet #PolitikKampus
  88. relatif lebih mudah..karena ‘semua sudah terkondisikan’. Kl strateginya, lihat kultwit #PolitikKampus part1 (1-66) tweeps..
  89. perlu diingat, tak ada yang instan, perjuangan merubah sistem, harus dengan sistem. Tak bisa hanya mengandalkan emosi..#PolitikKampus
  90. harus sabar..butuh persiapan dan pengorbanan. Ingat. Kalah dan menang soal biasa. yang penting terus berkarya..#PolitikKampus
  91. publik kampus lebih suka dan bahagia memilih calon pemimpin yang sesuai zaman..namun, standar harus dari rekan-rekan #PolitikKampus
  92. carilah pemimpin yang ‘ganteng/cantik’ luar dalam..walaupun tahun ini, tak ada calon presiden mahasiswa perempuan. Sedih..#PolitikKampus
  93. dicurangi, di kampanye hitami (black campaign), diintimidasi, hampir digebukin ramai-ramai, …resiko #PolitikKampus
  94. ..hadapi…jangan pernah lari! Kalau yakin itu benar dan bernalar..mati pun tak apa #PolitikKampus
  95. #PolitikKampus masih jauh dari perjuangan gagasan…lebih banyak ototnya terkadang. Ini sungguh memalukan!
  96. Kalau bukan kampus yang memulai tradisi intelektualitas dalam berpolitik, siapa lagi yang kita harapkan? #PolitikKampus
  97. Ketika para calon presiden mahasiswa berdebat, saya membayangkan kualitas debatnya seperti pemilihan presiden amerika..#PolitikKampus
  98. Data dan fakta bahan bicara..solusi hadir jadi niscaya. Bukan sekedar kata yang tak bernyawa karena tanpa …#PolitikKampus
  99. Tim sukses yang direkrut benar-benar berkompeten, bukan hanya mengandalkan hubungan kultural. Bahaya!.. #PolitikKampus
  100. Karena di tangannnya kemenangan dan kekalahan berawal. Bila perlu, dibuat seleksi..jangan setengah2! #PolitikKampus
  101. Jangan pilih pemimpin/presiden mahasiswa yang tak turun ke bawah..belagu bin songong dan elitis. Model gini di museumkan aja tweeps..#PolitikKampus
  102. Jadi pemimpin itu susah..tak ada yang mudah karena MELAYANI bukan DILAYANI! #PolitikKampus
  103. Karena politik penuh dengan kemungkinan, jadi jangan pernah memastikannya..krn bisa menderita #PolitikKampus
  104. yang hampir menang bisa kalah, yang hampir kalah bisa menang…seperti bermain bola, tak ada jawara sejati bila sudah di lapangan, begitulah politik #PolitikKampus
  105. dalam politik, tak ada lawan dan kawan yang abadi. Hanya kepentingan lah yang sejati..jadi, fleksibel-lah, namun ttp berprinsip..#PolitikKampus
  106. semuanya bisa dinegosiasikan…putih hitam cukup acara di tv:)
  107. tertarik dengan #PolitikKampus tweeps? Hehe…
  108. apa pelajaran dari #PolitikKampus buat saya tweeps?
  109. #PolitikKampus menginspirasi diri untuk terus berkarya dan berkarya..karena hanya ini yang bisa mengatakan kualitas kepemimpinan yang sebenarnya
  110.  Saya msh percaya, politik dapat secara efektif melakukan perubahan sekaligus kehancuran bila di tangan yang salah #PolitikKampus12630_505383352816712_725157273_n
  111. #PolitikKampus (bukan) cerminan #PolitikNasional..karena kekuatan hijau atau santri semakin melemah. Ingat, bandul pemilih semakin ke tengah..berbenahlah!
  112. Jangan mudah percaya…kalau pun percaya, jangan berikan semua. Yang terdekat, bisa jadi musuh yang hebat:) #PolitikKampus
  113. #PolitikKampus benar-benar cara tepat buat bersilaturahim…kenal sana-sini, rezeki terbuka, diri awet muda. Subhanallah..
  114. tak ada waktu galau, kalau pun galau karena diri lupa memenuhi cita, menikahi seorang hawa.. #PolitikKampus
  115. mikirin orang banyak..terkadang terselip pikiran hanya ingin memikirkan seseorang…#PolitikKampus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s