PDI-P Harus Manfaatkan Momentum Politik

Berita Satu

[JAKARTA] Peneliti dari lembaga survei Poltraking Agung Baskoro mengemukakan, apa yang ditunjukkan Partai Demokrat (PD) dengan mendukung Perppu Pilkada langsung masih bersifat ad hoc atau per-isu saja.

Dukungan Pilkada langsung menunjukkan komitmen Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk mengawal agenda demokratisasi di negeri ini, sekaligus menahbiskan konsistensi SBY sebagai bapak demokrasi di negeri ini.

Pada saat yang bersamaan, tarik-menarik kondisi seperti sekarang disebabkan posisi Partai Demokrat sebagai penyeimbang yang mengambang.
“Akan menjadi menarik, bila setelah pertemuan dengan Jokowi dan SBY ditindaklanjuti dengan pertemuan Megawati Soekarnoputri dengan SBY. Adanya pertemuan kedua tokoh itu menjadi bukti bahwa Demokrat mendukung pemerintahan Jokowi-JK, sekaligus masuk ke KIH,” kata Agung di Jakarta, Selasa (9/12).
Dia menjelaskan, perpecahan Partai Golkar bisa menjadi alasan PD untuk tidak lagi bertahan di Koalisi Merah Putih (KMP).

Dengan perpecahan itu, kondisi KMP melemah. Demokrat tentu tidak ingin kehilangan pamor dan kehilangan momentum meraih simpati publik.
“Realitas politik harus dibaca dengan baik oleh para pelobi PDI-P termasuk Megawati agar lebih berinisiatif. Demokrat bisa menjadi solusi penyangga di tengah PPP dan Golkar yang sedang berkonflik yang belum solid masuk KIH,” saran Agung.
Sebagaimana diketahui, Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Senin (8/12).

Pertemuan itu sebagai minta dukungan SBY agar pemerintahan Jokowi-JK mendukung Perppu Pilkada langsung yang dikeluarkan SBY semasa masih menjabat presiden. Jokowi dan JK setuju dengan Perppu.

Jokowi bahkan menyebutkan persetujuan Perppu Pilkada sebagai pintu gerbang untuk bergabungnya PD ke KIH. [R-14/L-8]

(Link: http://sp.beritasatu.com/home/pdi-p-harus-manfaatkan-momentum-politik/71324)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s