Poltracking : Kasus Budi Gunawan Akan Menggerus Popularitas PDIP

Berita Satu
Jakarta – Lembaga survei dan politik, Poltracking menilai penetapan tersangka terhadap calon Kapolri Budi Gunawan akan menggerus popularitas Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan PDIP. Pasalnya, kasus itu memperlihatkan Jokowi tidak cermat memilih calon Kapolri.

Sementara untuk PDIP, calon itu disebut-sebut sebagai jago dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Dengan status sebagai tersangka maka PDIP yang paling pertama dikecam dalam kasus tersebut.

“Kasus hukum Budi Gunawan harus membuat PDIP lebih berhati-hati lagi, karena efeknya dapat menggerus popularitas partai maupun pemerintahan Jokowi. Bagi oposisi, kasus ini bisa jadi momentum untuk melakukan serangan balik kepada pemerintah,” kata peneliti dari Poltracking Agung Baskoro di Jakarta, Selasa (13/1).

Ia menjelaskan blunder pencalonan Budi Gunawan tidak akan terjadi, bila sejak awal Jokowi konsisten dengan inovasi politiknya, yakni melibatkan KPK dan PPATK dalam pertimbangan memilih pejabat negara. Keikutsertaan itu juga sebagai bentuk konsistensi Jokowi dalam membentuk pemerintahan yang bersih.

“Secara politik, kasus ini semakin mempercepat bulan madu pemerintahan Jokowi berakhir. Jokowi harus bermanuver untuk menentukan siapa pengganti yang cocok sehingga tidak menimbulkan blunder berikutnya,” tutur Agung.

(Link:http://www.beritasatu.com/nasional/240471-poltracking-kasus-budi-gunawan-akan-menggerus-popularitas-pdip.html)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s