Perppu Pilkada Disahkan Tanda KMP Melemah

Suara Pembaruan

[JAKARTA] DPR telah mengesahkan Perppu Pilkada menjadi UU Pilkada, Selasa (20/1). Sepuluh fraksi di DPR menyetujui Perppu tersebut.

Sikap ini berbeda dengan kondisi pada waktu UU Pilkada disahkan, pertengahan 2014 lalu. Saat itu, lima fraksi yang berada dalam Koalisi Merah Putih (KMP) kompak menolak pelaksanaan pilkada langsung tetapi diganti dengan pilkada lewat DPRD.

Kondisi itu membuat mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengeluarkan Perppu untuk mengembalikan bahwa Pilkada tetap langsung dipilih rakyat.

Peneliti dari lembaga Poltracking Indonesia, Agung Baskoro menilai, kompaknya DPR dalam pengesahan Perppu, Selasa kemarin menunjukan KMP sudah lemah. Taring KMP mulai rontok.

Kekuatan KMP sudah mulai hilang, karena sejumlah isu strategis yang menjadi agenda KMP selama ini, satu per satu rontok.

“KMP praktis semakin melemah karena semua perekat untuk menyatukan sudah tidak ada lagi,” kata Agung di Jakarta, Rabu (21/1) pagi.

Capture

Ia juga menilai keberhasilan pengesahan Perppu itu sebagai bukti komitmen SBY menjaga Pilkada langsung. SBY juga dinilai berhasil melawan manuver KMP yang menolak pilkada langsung.

“Dengan disahkannya UU Pilkada, maka, rakyat sebagai pemegang mandat dapat kembali utuh berdaulat. Karena partisipasi politik mereka tetap terintegrasi holistik dari level nasional hingga lokal sebelumnya,” ujarnya.

Ke depan, dia berharap agar publik perlu mengawal celah penyimpangan yang mungkin terjadi selama pelaksanaan pilkada.

Penyimpangan itu bisa terjadi mulai dari proses seleksi di partai, uji publik di DPRD hingga pemilu (election) serentak dilaksanakan, baik melalui kertas suara atau E-Voting.

“Kesuksesan keseluruhan proses ini menentukan masa depan perkembangan demokrasi di negeri ini,” tegasnya.

(Link: http://sp.beritasatu.com/politikdanhukum/pengesahan-perppu-pilkada-bukti-taring-kmp-mulai-rontok/75617)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s