Akademisi: Serang KPK dan Jokowi, PDIP Harus Ubah Komunikasi Politiknya

logo_rol_newREPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Posisi PDIP yang vokal dalam ‘menyerang’ KPK dan Jokowi bisa menjadi bumerang bagi PDIP sendiri. Menurut para akademisi, PDIP harus mengubah gaya komunikasinya agar elektabilitas partai tersebut tidak turun.

Agung Baskoro, Peneliti dari Pol Tracking Institute menyebutkan gaya komunikasi yang diperagakan oleh PDIP saat ini cenderung membuat rakyat tidak bersimpati. Hal ini, terlihat dari statemen yang dikeluarkan beberapa tokoh PDIP yang cenderung menyerang KPK dan juga Presiden Jokowi. Menurut dia saat ini publik cenderung pro pada KPK.

“Harusnya PDIP bisa menangkap pesan publik ini,” kata dia, Selasa (3/2).

Dia menyebutkan jika PDIP tidak mengubah gaya komunikasi, hal ini berdampak pada elektabilitas partai itu. Agung menyebutkan bisa saja nanti rakyat kecewa dan pada akhirnya tidak memilih partai itu di pemilu yang akan datang.

“Justru yang harus dilakukan sekarang adalah PDIP mengambil kembali hati rakyat,” kata dia.

Sebelumnya dalam beberapa pemberitaan yang ada di media tampak beberapa tokoh seperti Efendi simbolon dan juga Hasto Kristianto menunjukkan sikap yang menyerang KPK dan Juga Jokowi.

Hasto misalnya, dia membuka info ke publik terkait keterlibatan Abraham Samad yang terlibat dalam lobi politik ke PDIP dalam rangka mengincar kursi Cawapres pada pemilu lalu. Sedangkan Efendi Simbolon juga bersuara mengkritik bahwa orang terdekat Jokowi yang cenderung memberikan masukan yang tidak tepat.

(Link: http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/politik/15/02/04/nj7ibi-akademisi-serang-kpk-dan-jokowi-pdip-harus-ubah-komunikasi-politiknya#comments-list)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s