My Book

Judul: Status Update For The Best Student
Penulis: Agung Baskoro
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Terbit: 2012
ISBN: 978-979-22-8490-4
Tebal: 201 hlm
Peresensi: Zaitur Rahem

Situasi dan kondisi negeri pasca dilanda krisis moneter sedikit banyak berdampak pada aktivitas berkehidupan masyarakat Indonesia. Setidaknya dampak itu bisa terlihat dari semakin ketatnya persaingan di ranah sosial. Peta berkehidupan masyarakat ini juga merambah ke semua wilayah kehidupan masyarakat, mulai wilayah ekonomi, keyakinan dan relasi sosial lainnya. Bahkan, bedampak pada corak pandang masyarakat.

Pada tahun 2012 ini, masyarakat semakin diliputi rasa khawatir belitan masalah negeri ini berlarut hingga akhir usia negeri Indonesia. Sehingga, sejumlah orang tersesat pada ranah keputusasaan. Padahal, masalah ini hanya bagian lain sebagai upaya mendidik manusia semakin tegar menatap masa depan yang lebih baik.

Buku ini bermaksud menjawab kebimbangan atas sejumlah masalah kehidupan yang dihadapi manusia Indonesia. Dalam kemasan bahasa yang update seiring kemajuan hari ini Agung Baskoro, Penulis buku ini menawarkan tips dan trik keluar dari persoalan yang dihadapi. Ada banyak pengetahuan baru dari buku ini. Meski, ide yang ada dalam buku ini tak semua mewakili semua solusi dari masalah yang ada.

Buku ini enak dibaca. Penulis berhasil menarik simpati orang yang memegang buku ini untuk membaca buku ini secara tuntas. Sebab, berbeda dengan kebanyakan buku yang ada format isi buku diramu dalam bentuk sebuah curhat di dunia maya. Hasil share sejumlah orang itu kemudian menjadi sumber awal masuk kepada tips dan trik yang jitu/update (menjanjikan). (hl. 10-20). Setiap orang dipandang mampu menggapai mimpi-mimpinya. Tetapi, proses mencapai impian itu melalui  ahapan yang melelahkan dan aneka ragam. Seperti Kata Mahatma Gandhi yang dikutip dalam buku ini, Kemenangan terletak pada usaha, bukan pada hasil. Berusaha dengan keras adalah kemenangan yang hakiki (Mahatma Gandhi) hl 43. Artinya, kemampuan seseorang menjinakkan rasa mudah menyerah adalah kunci utama menggapai mimpi yang diharapkan.

Selain berusaha dengan bekerja keras, untuk meraih mimpi itu membutuhkan Pengalaman. Pengalaman seseorang juga menjadi modal penting seseorang meniti kesuksesannya. Agung menekankan, kesempatan memiliki pengalaman jangan disia-siakan. Sebab, pengalaman tersebut adalah peta maha penting masuk kepada ‘istana emas’. Buku ini tak sekedar curhat belaka. Namun, pada sejumlah halaman dimuat alamat penting kantor, lembaga yang sudah mengantarkan penulis menjadi pengusaha, dosen, mahasiswa peraih sejumlah beasiswa, pemikir, penulis dan pengalaman lainnya yang energik. (hl 40-60)

Prestasi dan posisi strategis di medan usaha dalam logika formalnya tidak bisa didapat hanya dengan duduk manis. Tetapi, seseorang dituntut bisa merebut posisi itu dengan penuh keberanian. Persaingan dalam dunia karir hal lumrah. Yang penting, dalam menjalani persaingan dilakukan secara benar dan tidak menyimpang dari garis aturan yang ada. Sehingga, dalam buku setebal 201 halaman ini diharapkan seseorang bisa membenahi mental dan moral diri. Sebab ketika diri seseorang tertata baik maka aktifitas yang dilaksanakan bisa maksimal. Semua orang berfikir mengubah dunia dan tidak ada yang berfikir mengubah dirinya sendiri (Leo Tolstoy) hl 71.

Akhirnya, buku ini layak menjadi bahan bacaan orang-orang yang ingin menjadi hebat. Meski harus disadari, teori saja tidak cukup namun harus diimbangi dengan gerakan nyata. Semoga, hadirnya buku ini menjadi bagian ruh semangat bagi masyarakat Indonesia menjadi lebih baik.

* ZAITUR RAHEM, Mahasiswa Pascasarjana IAIN Sunan Ampel Surabaya.  Aktif menulis di sejumlah media.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s