Smart Generation Mentorship

1. Smart Generation Mentorship (SGM) itu apa sih?

Jawaban : Program pengembangan diri yang fokus di ranah non akademik (soft skills). Bentuknya, para peserta diberikan materi pengajaran seperti #KonsepDiri (#Leadership & #PersonalBranding), #PublicSpeaking #Menulis #MembangunJaringan & #Negosiasi. Program intens ini diberikan selama sebulan, setiap akhir pekan (sabtu-ahad).

2. Apakah di luar materi di atas, peserta bisa meminta materi lainnya?

Jawaban : Tentu bisa. Tergantung kebutuhan dan aspirasi peserta yang hadir. Misalnya : ingin fokus membahas #ManajemenWaktu #demonstrasi #politikkampus, dsb.

3. Apa kelebihan program ini?

Jawaban :

  • Program ini dirancang secara berkelanjutan. Selain materi, peserta juga diberi penugasan riil yang dibutuhkan saat simulasi. Sehingga, peserta dapat lebih hidup dan utuh memahami materi
  • Metode penyampaian mentorship cukup variatif. Seperti sharing, focus group discussion, classical, dsb. Di sel-sela penyampaian materi, peserta diberi kebebasan untuk memberikan tanggapan (interupsi) bila terdapat ketidakjelasan, di luar sesi Tanya jawab.
  • Setelah sebulan mengikuti materi, peserta diarahkan untuk terlibat aktif di komunitas, organisasi, dan lingkungan sekitarnya, bersama para peserta lainnya.
  • Buat peserta yang belum mengikuti salah satu materi, bisa terlibat di gelombang berikutnya secara gratis. Begitupun dengan yang lainnya, bila ingin mengulang materi ybisa turut bersama peserta baru lainnya.
  • Semua aktivitas peserta baik saat program dan sesudahnya didampingi oleh para mentor agar mencapai hasil yang maksimal

4. Kapan program Smart Generation Mentorship bergulir?

Jawaban : Program ini bergulir setiap bulan. dan pertama kali terlaksana sejak akhir Maret 2012 di Samarinda,tepatnya Universitas Mulawarman. Sampai saat ini sudah masuk gelombang ke-3, dengan peserta alumni sebanyak 56 orang. Untuk daerah-daerah lain, Smart Generation Mentorship  masih menyesuaikan. Rencananya, mulai Februari 2013, forum ini akan coba digelar di Semarang.

465663_3959826190822_2056555899_o

 

464552_349608611752982_708486017_o

5. Siapa aja sasaran program ini?

Jawaban : Program ini sangat tepat diikuti oleh calon mahasiswa dan mahasiswa

6. Berapa biaya yang harus dikeluarkan bila ingin mengikuti program ini selama sebulan?

Jawaban :setiap peserta dikenakan biaya antara 200-700 ribu/gelombang, tergantung lokasi mentorship dan jumlah peserta.  fokus kegiatan saya saat ini berada di Jakarta, sehingga biaya yang dibayarkan oleh peserta digunakan kembali dan sepenuhnya untuk membiayai kegiatan. Besaran biaya ini bisa dicicil dan buat peserta yang kurang mampu digratiskan (dengan ketentuan bersyarat). Bagi lembaga mahasiswa/siswa yang bersedia kerjasama menghadirkan forum ini di kampus/sekolah, diberikan gratis untuk kuota 2 peserta.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s