Autobiografi

Ia Lahir di Medan, 31 Mei 1986.  Berturut-turut masa pendidikannya ia peroleh di SD Swasta Pertiwi Medan, SMP Negeri 11 Medan, dan SMA Negeri 3 Medan. Setelah itu, ia kemudian merantau ke Yogyakarta (kuliah S1), Jakarta (bekerja), dan Bandung (berkeluarga). Hidupnya yang berpindah-pindah tersebut membuat dirinya mudah beradaptasi, mandiri, dan hangat sebagai pribadi. Apalagi ini didukung oleh latar belakang keluarganya yang keturunan Jawa-Minang-Mandailing sebagai perantau yang sudah lama hidup di berbagai kota di Indonesia.198129_10150134611909095_5898475_n

Agung dibesarkan hanya dengan kasih sayang ibu, karena ayahnya sudah wafat sejak ia berusia 11 tahun. Bahkan sejak kelas 3 SMP, ia dan adiknya harus dirawat oleh sang nenek karena sang bunda bekerja di Jakarta. Titik balik hidupnya terjadi ketika ia berada di Yogyakarta dan berinteraksi dengan budaya serta pemikiran para intelektual di sana.

Di masa kuliah, ia merupakan salah satu mahasiswa berprestasi di jurusan Politik dan Pemerintahan maupun Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM (Fisipol Idol/2009). Dan di luar aktivitas akademik, ia aktif di beberapa organisasi, namun, lebih banyak terlibat dalam kepengurusan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) dari tahun 2005 hingga akhirnya di tahun 2008 sebagai Wakil Presiden Mahasiswa UGM (baca: Menko Eksternal) dan Koordinator Litbang BEM Seluruh Indonesia.

Selama berkarir di organisasi ini, bersama rekan-rekannya, ia turut dalam kepanitiaan yang memperoleh penghargaan dari MURI terkait Sekolah Antikorupsi pertama di Indonesia (2006), menginisiasi Pelatihan Pemimpin Bangsa (2007-sekarang), menjadi delegasi untuk PPIA Conference bertajuk The Voice of Indonesian Leader’s in Victoria University, Melbourne, Australia (2008), tim perumus Sumpah Mahasiswa Indonesia (2008), dan beberapa kali memimpin penyelenggaran demonstrasi nasional yang melibatkan ribuan mahasiswa untuk mengevaluasi berbagai kebijakan pemerintah (2005-2008). 310330_10150371529614095_2125039381_n

Pada Maret 2009, ia terpilih sebagai  juara pertama dalam acara kepemimpinan nasional menyambut Pemilu 2009-2014, bertajuk The Next Leader (The Young Candidate) yang digelar oleh Metro TV-Lead Institute Paramadina. Dalam kegiatan ini, kematangan emosional, sistematika berfikir, kemampuan menghasilkan solusi dan penampilan yang konsisten diuji. Agung merupakan peserta termuda yang berhasil masuk ke babak grand final dan menjadi yang terbaik setelah menyisihkan ratusan kontestan lainnya dari seluruh Indonesia.

Keberhasilannya dalam acara The Next Leader, memberinya kesempatan memperoleh hadiah beasiswa S2 di Universitas Paramadina sekaligus melanjutkan kegemilangan yang sudah diraihnya sejak di UGM dengan memperoleh beasiswa prestasi berupa kuliah gratis dan tunjangan akademik dari Tanoto Foundation (2006-2009), PPSDMS Nurul Fikri (2006-2009) dan DIKTI-DEPDIKNAS (2010). 156785_149381798442332_2632019_n

Setelah aktivitas tersebut, di tahun yang sama, Agung bersama 21 rekannya se-UGM berangkat melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) selama 2 bulan (Juli-Agustus 2009) ke Sorong Selatan, Papua Barat. Dengan program utama mengajar di SMP-SMA lewat kurikulum Pendidikan Antikorupsi bekerjasama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selama berada di tanah Papua dan dilanjutkan ke Makassar beberapa waktu, ia mengumpulkan data penulisan skripsi berjudul Dinamika Gerakan Mahasiswa Indonesia Di Era Reformasi”. Kepeduliannya terhadap dunia pendidikan berlanjut pasca kepulangan dari tanah Papua melalui GCMednovation (sekarang lembaga tersebut telah berubah nama menjadi GCM Nusantara). Sebuah lembaga pendidikan yang didirikan oleh rekan-rekannya, yang juga alumni dan mahasiswa UGM, yang fokus pada pengembangan software pembelajaran (mobile learning) serta penggunaan jejaring sosial (geschool)32081_399264969094_748554094_4004973_4501023_n untuk mengoptimalkan kualitas belajar siswa SD-SMA. Keterlibatannya di sini, tidak lama (Mei-November 2010) karena memang harus fokus menuntaskan kewajiban akademik di kampus (Juli, 2011). Walaupun cukup singkat, beberapa raihan prestatif berhasil diraih lembaga ini di masanya, antaranya Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Museum Rekor Indonesia (MURI), dan Finalis di ajang Asia Pacific Information and Communication Technology Award (APICTA) di Singapura.

Di sela-sela aktivitasnya, Agung hobi membaca serta aktif menulis. Kebiasaannya menulis ini berefek positif, karena turut menginsipirasi lahirnya Status Update For The Best Student (Gramedia, April 2012). Buku ini merupakan buku karya pertamanya dan banyak terinspirasi dari account jejaring sosialnya. Buku kedua dan ketiganya sedang tahap penyelesaian, dan rencananya akan dirilis sekitar tahun 2015. Selain itu, ia juga turut aktif menyumbangkan pemikirannya terkait kepemimpinan, pendidikan, pengembangan diri, dan politik di berbagai media serta sering diundang untuk berbicara dan terlibat dalam aktivitas pelajar, kemahasiswaan, dan kepemudaan baik skala lokal, nasional maupun global. Keterlibatannya turut serta dalam berbagai forum tersebut berikutnya melahirkan sebuah platform baru tentang pelatihan dan pendampingan anak muda, “Smart Generation Mentorship” (2008-sekarang).

665280_454376131276229_159057325_oSaat ini Agung sedang menguatkan basis kompetensinya melalui kajian dan riset politik di Poltracking (2012-sekarang). Sekaligus mempersiapkan diri untuk kembali melanjutkan studi S2/S3 di luar negeri. Menurutnya, problem kebangsaan berawal dari partai politik. Khususnya terkait optimalisasi fungsi dan kemandirian partai politik. Kedua hal tersebut sering membuat wajah partai politik buruk dan politik jauh dari etika.  Bila mampu mengurainya dengan baik, ia yakin, masa depan Indonesia yang lebih baik bukan sekedar mimpi. Bidang yang menjadi spesialiasi minat studinya terkait dengan komunikasi politik, manajemen politik (strategi dan kampanye), partai politik, kepemimpinan politik, dan gerakan politik.

Pada tanggal 24 Februari 2013, bertepatan dengan Pemilihan Gubernur Provinsi Jawa Barat periode 2013-2018, Agung menyempurnakan hidupnya dengan menyunting seorang hawa. Atas ridho Allah dan dukungan keluarga, pernikahan tersebut dapat berlangsung lancar dan berjalan sesuai rencana. Saat ini si jabang bayi sebagai buah cintanya bersama Dila Puspita telah lahir dan diberi nama “Aila Semesta Baskoro”. Ia selalu berdoa, agar keluarga baru yang ia miliki, dapat terlibat sebagai aktor-aktor perubahan dan perbaikan negeri.

 

 

32 thoughts on “Autobiografi

    1. wa’alaykumussalam.

      Alhamdulillah. Sayid sehat? GCM nya masih, hanya Abg yang harus izin, karena fokus menuntaskan skripsi dan beberapa buku. Sayid kuliah atau sudah bekerja?

  1. Salam kenal…sekedar berkunjung sesama WordPresser…😀

    Waktu itu aq baca salah satu rubrik di majalah Nur Hidayah Solo edisi bulan Oktober 2011 ini, ternyata yg diwawancarai kmu ya?
    Salam sukses!🙂

    1. alhamdulillah yaa:)..terima kasih dek. semoga kita bisa bertemu kembali dalam forum yang lebih bermanfaat bagi negeri ini. Semangat!!

  2. Assalamualaikum Mass…
    Gmna kabarnya nie??
    smoga masih ingat, saya dengan Anas Ritonga, mahasiswa Kehutanan Univ. Riau, Pekanbaru, yang ikut LKSI di UGM kmren….
    Terimakasih Mas atas smwanya, smoga tetap dapat saling berbagi….

    1. Wa’alaykumussalam

      Alhamdulillah baik. InshaAllah masih inget. semoga kita dipertemukan kembali yaa..salam hangat untuk rekan2 di sana

      1. alhamdulilah bang, dikit lagi lulus.. hehe
        doanya aja bang moga2 bisa lebih sukses dari abang.. haha😀

  3. assalamualaikum abas!
    gw kira ini blog-nya siapa, ternyata eh ternyata =P

    *Blogging Niatkan Ibadah, Beribadah Niatkan Ikhlas*

    ~salam dari bumi antasari ^_^

  4. Salam Anti Korupsi Bang.
    Teringat testimoni bang Agung Baskoro di Buku Negeri Melawan Korupsi karya Komunitas Mahasaksi Indonesia “buku ini memastikan dua hal, pertama:perjuangan melawan korupsi takkan pernah berhenti , kedua:ibu pertiwi masih setia melahirkan pejuang anti korupsi. -Agung Baskoro, Juara The Next Leader Metro TV-
    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s